o

o

Wednesday, May 10, 2017

Belanda Upayakan Pembebasan Ahok


Dikutip dari BBC Indonesia, Parlemen belanda menganggap hukuman yang dijatuhkan terhadap Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sebagai bentuk serangan langsung terhadap Kebebasan. Belanda akan mengangkat upaya untuk pembebasan terhadap Ahok dalam debat yang akan dilaksanakan bersama menteri luar negeri.

Anggota parlemen dari partai Christian Union, Joël Voordewind mengatakan bahwa mayoritas anggota DPR Belanda setuju atas usulan tersebut.

Ia mengungkapkan selama ini Indonesia dikenal sebagai negara dengan nilai toleransi tinggi, Ia khawatir hal tersebut akan berubah

'Hukuman ini akan menciptakan tren di Indonesia bagi para kelompok Islamis garis keras, bahwa tekanan yang mereka lakukan beberapa minggu terakhir berbuah pada hukuman yang lebih tinggi dari yang dituntut jaksa'. ungkapnya

Ia menambahkan, 'Jadi mereka menganggap mereka mendapatkan dukungan atas tindakan yang mereka lakukan. Ini bisa menjadi preseden bagi para hakim untuk membatasi kebebasan beragama. Indonesia sebelumnya dikenal dengan toleransinya dengan masyarakat dengan multi agama'.

Joel mengungkapkan bahwa Isu ini akan diangkat dalam debat parlemen yang akan dilaksanakan bersama menlu Koenders, pada rabu (10/05).

Sebelumnya presiden Joko Widodo mengatakan untuk menghormati segala keputusan yang telah dibacakan oleh Hakim. Akan tetapi Joel mengungkapkan bahwa keputusan tersebut tidak akan menjamin kebebasan beragama.

'Kita hargai pengadilan di negara lain, tapi kebebasan agama (dalam kasus ini) tak terjamin karena dia diadili sedemikian rupa dengan vonis yang tak seperti biasa. Jadi semoga akal sehat akan terlihat dan pengadilan tinggi pada akhirnya akan membebaskan dia,'  Kata Joël Voordewin.

'Kami minta menlu untuk konsolidasi dengan koleganya di Uni Eropa untuk secara bersama-sama mengangkat isu ini ke Indonesia. Kami juga memiliki forum dialog Hak Asasi Manusia dengan Indonesia setiap tahun dan akan angkat isu ini. Komunitas internasional harus tekan Indonesia paling tidak dia (Ahok) dibebaskan sampai permintaan banding dijawab dan juga menekan agar pengadilan tinggi membebaskan dia.' tutup Joel.

    Choose :
  • OR
  • To comment
No comments:
Write comments