o

o

Wednesday, April 18, 2018

Pamer Kekuatan, China Gelar Latihan Militer di Selat Taiwan



 China menggelar latihan militer dan simulasi bersenjata (live-fire drill) di Selat Taiwan pada Rabu, 18 April 2018, menurut laporan media pemerintah Negeri Tirai Bambu.

Latihan pertama yang dilaksanakan sejak tahun 2016 itu selalu memiliki pesan geopolitik tersirat: memamerkan perkembangan kekuatan Angkatan Laut China tepat di muka zona kemaritiman Taiwan, guna menajamkan seteru kedaulatan antara kedua negara.

China mengklaim Taiwan sebagai bagian wilayahnya negaranya. Di sisi lain, Formosa (nama tradisional Taiwan) mendeklarasikan diri sebagai pemerintahan yang berdaulat.

Simulasi tempur itu dilaksanakan di wilayah dua mil persegi di kawasan gugus kepulauan lepas pantai Quanzhou, Provinsi Fujian, China.

Lokasi latihan itu hanya berjarak sekitar 201 km dari Kota Hsinchu, lepas pantai barat Taiwan.
Liu Jieyi, Taiwan Affairs Office --lembaga pemerintah China -- mengatakan pada awal pekan ini bahwa latihan itu dimaksudkan untuk menguatkan kedaulatan Negeri Tirai Bambu.

"Latihan militer itu kami lakukan untuk melindungi kedaulatan tanah air dan integritas teritorial kami," kata Liu seperti dikutip dari The New York Times (19/4/2018).

China telah meningkatkan tekanan terhadap Taiwan dalam beberapa bulan terakhir. Di sisi lain, Amerika Serikat telah mengambil langkah untuk menunjukkan dukungan bagi Formosa -- di mana keduanya merupakan sekutu lama.

Latihan yang dilaksanakan pada hari Rabu kemungkinan besar direncanakan jauh sebelumnya. Tapi, gelaran itu terlaksana pada saat yang sama ketika Amerika Serikat dan Tiongkok semakin berselisih atas sejumlah masalah selain Taiwan, khususnya perdagangan alias US - China Trade War.

sumber :Liputan6

    Choose :
  • OR
  • To comment
No comments:
Write comments